Nusantara Berlian Motor

Fast Response Call / WA MIA : 0822-9975-9200

Menu

Cara Bisnis Rental Mobil Agar Berhasil dan Sukses

Kamis, Juli 4th 2019.

Cara bisnis rental mobil – Bisnis rental mobil kini semakin banyak dan saling bersaing secara sehat. Memulai usaha bisnis rental mobil harus mempersiapkan persiapan yang matang. Karena jika cara bisnis rental mobil tidak dipersiapkan secara matang, nantinya bisa gagal dan hal terburuknya adalah mengalami kebangkrutan. Simak ulasan berikut agar meminimalisir kegagalan.

Cara bisnis rental mobil

Cara Bisnis Rental Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Tentukan Spesialisasi Jenis Produk

Pemilihan spesialisasi jenis produk jasa yang ditawarkan perlu dipikirkan terlebih dahulu, agar lebih berkonsentrasi pada satu bidang tersebut. Setidaknya ada beberapa pilihan produk jasa yang ditawarkan pada rental mobil, diantaranya adalah antar jemput bandara, pariwisata atau event tertentu. Untuk permulaan sebaiknya memilih satu jenis produk terlebih dahulu.

Jika usaha bisnis produk layanan jasa pertama sudah berjalan dengan lancar, bisa memilih jenis produk selanjutnya. Namun ada hal yang perlu diperhatikan jika terdapat 2 produk pilihan, yaitu armada dan SDM yang memadai.

  1. Memilih Jenis Kendaraan

Cara bisnis rental mobil selanjutnya adalah menentukan jenis kendaraan yang digunakan. Pemilihan jenis mobil ini tergantung dari jenis produk jasa yang ditawarkan pada poin pertama. Jika memfokuskan pada bisnis rental mobil untuk pariwisata, maka mini bus atau mobil keluarga menjadi pilihan yang tepat.

Dalam memilih jenis kendaraan ini usahakan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Mobil jenis mana yang seringkali disukai banyak orang. Caranya adalah dengan melihat berapa kapasitasnya, kenyamanan dari tempat duduk, penggunaan BBM dan lain sebagainya.

  1. Dapatkan Kendaraan

Tahapan selanjutnya yang penting adalah mendapatkan kendaraan sebagai mobilitas bisnis tersebut. Untuk mendapatkan kendaraan ini tidak disarankan untuk langsung membeli atau kredit mobil. Namun bisa menerapkan cara bisnis rental mobil dengan modal yang minim. Caranya adalah dengan mencari investor.

Investor bisa dicari secara perseorangan atau bisa bekerjasama dengan perusahaan tertentu yang bersedia meminjamkan mobil untuk bisnis rental mobil. Nantinya untuk hasil yang didapatkan bisa dibagi merata atau sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan. Pada tahap permulaan memulai bisnis ini disarankan untuk menyediakan 1-2 unit mobil saja.

  1. Tentukan Harga Standar

Tahap selanjutnya dari cara bisnis rental mobil adalah dengan menentukan standar harga. Sebelum menetapkan harga tersebut, lebih baik riset pasaran terlebih dahulu. Riset pasar ini sangat penting agar nantinya bisa menentukan standar harga yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Dalam menetapkan harga standar, usahakan tidak jauh dari kompetitor lainnya. Ini bertujuan agar usaha bisnis rental mobil tersebut masih bisa bersaing dengan yang lainnya. Disisi lain bisa juga dengan menambahkan penawaran menarik lainnya, seperti supir yang merangkap sebagai tour guide dan lain sebagainya.

  1. Menyiapkan Kantor Sementara

Setiap usaha bisnis tentunya membutuhkan kantor sementara. Pada permulaan disarankan jangan menyewa tempat, namun bisa menjadikan rumah pribadi sebagai kantor sementara. Akan tetapi, jika lokasi rumah tidak strategis dan tidak bisa dilalui mobil maka bisa menyewa tempat kecil yang lokasinya strategis.

  1. Mempersiapkan SDM

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam usaha bisnis tentunya membutuhkan SDM yang memadai dan banyak kendala jika dilakukan seorang diri. Oleh karena itu, carilah beberapa SDM untuk mendukung operasional bisnis yang dijalankan. Pada tahap ini, carilah SDM yang berkualitas dan jangan mempekerjakan banyak orang terlebih dahulu.

  1. Membentuk SOP

Standar Operasional Prosedur atau SOP penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Susunlah SOP dengan rapi dan tentunya bisa mendukung kualitas pelayanan rental mobil tersebut. Beberapa hal yang terdapat di SOP diantaranya adalah administrasi, persyaratan penyewaan, jaminan penyewa dan lain-lain.

  1. Lakukan Promosi

Tahap terakhir adalah dengan melakukan strategi marketing yang bagus. Caranya adalah dengan membuat spanduk sederhana, menyebarkan brosur hingga mempostingnya pada forum sosial media. Pikirkanlah strategi yang jitu dan tepat sasaran agar banyak orang yang berdatangan untuk menggunakan jasa rental mobil tersebut.

Cara Bisnis Rental Mobil Perlu Anda Lakukan?

Iya jika memang anda berniat untuk mengembangkan bisnis rental mobil yang anda jalani tentunya di sini anda harus meakukan cara-cara di atas sebagai referensi yang tepat.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah cara bisnis rental mobil yang harus diperhatikan dan dipersiapkan segalanya dengan maksimal. Perhatikan budget yang dimiliki dan atur keuangan dengan sebaik-baiknya agar tidak kekurangan dana.

Salam otomotif – Promo Mitsubishi Cikarang Bekasi Jakarta

Mobil Terbaru

Related Article Cara Bisnis Rental Mobil Agar Berhasil dan Sukses

Sabtu 23 Februari 2019 | Blog

Tips Merawat Mobil – Untuk anda di sini yang sedang memiliki mobil dan bingung dalam cara merawatnya maka anda harus membaca artikel yang kami sajikan.…

Rabu 20 Februari 2019 | Blog

Pajero Sport merupakan satu dari beberapa mobil yang sedang banyak diminati saat ini. Selain desainnya yang menarik, harga New Pajero Sport juga masih terjangkau di…

Rabu 20 Februari 2019 | Blog

Mencari mobil Mitsubishi bekas? Jika iya cobalah untuk melirik mobil Mirage. Ini dikarenakan selain baru, kini banyak juga tersedia mobil Mirage bekas di pasaran. Meski…